Selamat Datang, Semoga Bermanfaat

Sunday, 27 February 2011

Akhlak Kepada Orang Tua


BAB I
PENDAHULUAN
A. Pengertian Akhlak
            Dalam kamus besar bahasa indonesia online kata akhlak diartikan sebagai budi pekerti;kelakuan. Kata akhlak , adalah jamak dari kata al-khulk = kebiasaan, perangai, tabiat dan agama. Tingkah laku yan lahir dari manusia dengan sengaja, tidak dibuat-buat, dan telah menjadi kebiasaan. Sedangkan arti akhlak secara istilah sebagai berikut; Ibnu Miskawaih (w. 421 H/1030 M) mengatakan bahwa akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan. Sementara itu, Imam Al-Ghazali (1015-1111 M) mengatakan akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan macam-macam perbuatan dengan gambling dan mudah, tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan.
            Ilmu yang membahas tentang akhlak disebut ‘ilmu al- akhlak, ‘ilmu as-suluk, tahdzib al- akhlak, falsafah al-akhlak atau alhikmah al-khuluqiah, yang semuannya berarti etika. Menurut Ibnu Maskawih, ahli filsafat akhlak, tujuan ilmu ini adalah mengetahui segala keutamaan( kebaikan) dan cara penerapannya dalam tingkah laku agar jiwa menjadi suci.
B. Sumber Akhlak
            Persoalan "akhlak" didalam Islam banyak dibicarakan dan dimuat dalam al- Hadits sumber tersebut merupakan batasan-batasan dalam tindakan sehari-hari bagi manusia ada yang menjelaskan artibaik dan buruk. Memberi informasi kepada umaat apa yang mestinya harus diperbuat dan bagaimana harus bertindak. Sehingga dengan mudah dapat diketahui, apakah perbuatan itu terpuji atau tercela, benar atau salah.
            Kita telah mengetahui bahwa akhlak Islam adalah merupakan sistem moral atau akhlak yang berdasarkan Islam, yakni bertititk tolak dari aqidah yang diwahyukan Allah kepada Nabi atau Rasul-Nya yang kemudian agar disampaikan kepada umatnya.
            Akhlak Islam, karena merupakan sistem akhlak yang berdasarkan kepada kepercayaan kepada Tuhan, maka tentunya sesuai pula dengan dasar dari pada agama itu sendiri. Dengan demikian, dasar atau sumber pokok daripada akhlak adalah al-Qur'an dan al-Hadits yang merupakan sumber utama dari agama itu sendiri. Sumber pertama sebagaimana yang diterangkan oleh Aisyah binti Abu bakar ketika ditanya oleh para sahabat tentang akhlak Rosulullah. Aisyah berkata: “ Akhlak Rosulullah adalah Al-Qur’an”. Adapun sebagai sumber kedua adalah keteladanan yang dicontohkan oleh Rasulullah kepada umatnya, yang sebagaimana telah ditegaskan oleh Alooh dalam firmannya, yang artinya:” Sesungguhnya telah ada pada diri Rosulullah suri teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah”.
            Dengan demikian tidak diragukan lagi bahwa segala perbuatan atau tindakan manusia apapun bentuknya pada hakekatnya adalah bermaksud mencapai kebahagiaan, sedangkan untuk mencapai kebahagiaan menurut sistem moral atau akhlak yang agamis (Islam) dapat dicapai dengan jalan menuruti perintah Allah yakni dengan menjauhi segala larangannya dan mengerjakan segala perintahnya, sebagaimana yang tertera dalam pedoman dasar hidup bagi setiap muslim yakni al-Qur'an dan al-Hadits.
C. Akhlak Kepada Orang Tua dan Guru
1.Akhlak kepada orang tua
            Islam sebagai agama yang sempurna, telah mengatur umat manusia untuk selalu melakukan kebaikan, baik yang bersifat fertikal maupun yang bersifat horizontal. Dari jalur yang bersifat horizontal, yaitu hubungan antara manusia dengan manusia, maka kedua orang tua, yaitu ibu dan bapak, menduduki tempat yang sangat istimewa. Bahkan dari tertip kepada siapakah manusia harus berbakti, ibu dan bapak menempati posisi ke 2 setelah Allah dan Rasul- Nya. Karna itu dari kalangan manusia dimuka bumi ini,tidak ada seorangpun yang dapat menyamai keduukan ibu dan bapak yang sangat muliya ini, apalagi mengalahkannya.
            Demikian istimewa dan terhormatnya kedudukan ibu dan bapak, sampai- sampai Rosulullah menyatakan bahwa:
"Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua”.
            Sebabnya ialah, karena orang tua sangat besar jasanya kepada kita. Tidak ada manusia dimuka bumi ini yang lebih besar jasanya kepada kita daripada ibi dan bapakkita masing- masing. Dengan susah payah kita dihamilkan, dilahirkan, didewasakan, didik, dan dicukupi segala kebutuhannya. Dan itu semua dikerjakan dengan tulus ikhlas dan kasih sayang.
Cara berbakti kepada orang tua
Ketika masih hidup
Cara kita berbakti kepada orang tua kettika masih hidup adalah
1. Memelihara keridhoan orang tua
2. Berbakti kepada orang tua, seperti mentaati dan melayaninya.
3. Memelihara etika pergaulan dengan kedua orang tua, seperti merendahkan diri dan bicara lemah lembut kepada mereka serta tidak menyakiti mereka, baik dalm perbuatan maupun perkataan.
4. Memberikan infak( shodaqah) kepada orang tua.
5. Tawadlu (rendah diri). Tidak boleh kibir (sombong) apabila sudah meraih sukses atau mempunyai jabatan di dunia, karena sewaktu lahir kita berada dalam keadaan hina dan membutuhkan pertolongan. Kedua orang tualah yang menolong dengan memberi makan, minum, pakaian dan semuanya.
Ketika telah meninggal
Berbuat baik kepada ibu bapak tidak saja dilakukan ketika keduanya masih hidup, tetapi juga ketika keduanya telah meninggal dunia.
Cara-cara berbuat baik kepada orang tua yang telah meninggal adalah:
1. Mengerjakan sholat jenazah bagi orang tua yang meninggal dunia.
2. Berdoa untuk al- marhum, memohonkan ampun kepada Allah atas segala dosa-dosanya.
3. Melaksanakan/ menyempurnakan janji yang telah dibuat oleh almarhum.
            Kalau ketika hidup dulu, orang tua kita mempunyai suatu janji( seperti wasiat untuk sedekah jariah, wakaf dan lain sebagainya), hendaknya kita melaksanakan janji orang tua kita itu kalau sampai meninggalnya janji belum juga dilaksanakan, atau menyempurnakannya kalau belum sempurna dilaksanakan.
4. Memuliakan orang-orang yang dulu menjadi sahabat karib atau teman almarhum.
5. Memberikan pertolongan kepada keluarga yang hidupnya bergantung kepada almarhum.
.

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites