Selamat Datang, Semoga Bermanfaat

Friday, 16 March 2012

GOLONGAN YANG DICINTAI ALLAH


GOLONGAN YANG DICINTAI ALLAH

ِانَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ، نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا. مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ وَلاَ رَسُوْلَ بَعْدَهُ، قَدْ أَدَّى اْلأَمَانَةَ وَبَلَّغَ الرِّسَالَةَ وَنَصَحَ اْلأُمَّةَ وَجَاهَدَ فِيْ سَبِيْلِهِ حَقَّ جِهَادِهِ.
اَلصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى نَبِيِّنَا الْمُصْطَفَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ سَلَكَ سَبِيْلَهُ وَاهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ.
رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ وَيَسِّرْ لِيْ أَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ يَفْقَهُوْا قَوْلِيْ.
قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ: يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ. وَقَالَ: يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَآءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِيْ تَسَآءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا. وَقَالَ: وَتَزَوَّدُوْا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى.
Hadirin Sidang Jum’at Yang dirahmati Allah
            Pada Jum’at kali ini, khotib mengajak seluruh jama’ah untuk selalu meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dengan sebenar-benar takwa. Dengan cara menjalankan segala perintah Allad dan menjahui segala larangannya.
Hadirin sidang jum’at Rohimakumullah
Setiap muslim dalam kehidupan ini selalu ingin dicintai Allah dan tidak ada seorangpun yang ingin dimurkai Alloh SWT. Jangankaan dimurkai Allah dimarahi tetangga saja,kita sudah merasa atau tidak enak. Tp jikalau Allah yang murka kepada kita,rasanya dimana lagi lagit tempat kita bernaung dan kemana lagi bumu tempat kita berpijak. Setiap orang ingin dicintai Allah,tp tidak semua orang mau mengerjakan amal yang kalau dilakukan Allah akan cinta padanya,begitu juga sebaliknya setiap orang tidak ingin dimurkai Allah,tp banyak orang yang secara tidak sadar melakukan hal-hal yang dimurkai Allah.
وَعَسَى أَن تَكْرَهُواْ شَيْئاً وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ وَعَسَى أَن تُحِبُّواْ شَيْئاً وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ وَاللّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ 
“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui”
Hadirin yang dirahmati Allah
Ada tiga golongan yang dicintai Oleh Allah tetapi ada tiga golongan lagi yang lebih dicintai Allah.
Allah SWT berfirman dalam  hadits qudsi,Rasulullah bersabda

أحب ثلاثاً وحبي لثلاث أشد:أحب الغني السحي .. وحبي للفقير السحي أشد.وأحب الفقير المتواضع .. وحبي للغني المتواضع أشد
,وأحب الشيخ الطائع .. وحبي للشاب الطائع أشد.

Aku cinta kata Allah pada tiga macam golongan manusia tapi aku lebih cinta kepada tiga macam lagi. Jadi ada 3 yang dicintai Allah,tapi ada 3 hal lain yang lebih dicintai oleh Allah
Yang pertama Adalah
أحب الغني السحي .. وحبي للفقير السحي أشد
Aku cinta pada orang-orang kaya yang pemurah tapi aku lebih cinta orang fakir yang pemurah . Orang kaya pemurah Allah cinta,Orang miskin pemurah,Allah lebih cinta,
Orang kaya  yang Memiliki kepekaan sosial yang tinggi,gemar memberikan pertolongana akan  dicintai oleh Allah.Dizaman sekarang ini seiring dengan makin tajamnya persaingan hidup,makin tingginya tensi ekonomi,antara pencari kerja dan lowongan kerja yang tidak seimbang menyebabkan gaya hidup orang semakin konsumtif dan individualis. Kepekaan sosial mulai luntur dan luntur,padahal agama mengajarkan, allah cinta pada orang yang pemurah,gemar memberikan pertolongan,peka terhadap kesulitan dan penderitaan orang lain.Adalah Allah melebihkan harta sebagian kita dari sebagian yang lain,dimaksudkan untuk saling tolong-menolong,bahu-membahu dan bantu-membantu. Sehingga dengan demikian apa yang disabdakan oleh nabi dalam hadits
الراحمون يرحمهم الرحمان ارحمو من في الارض يرحمكم من فى السماء
“Orang-rang yang punya sifat belas kasih akan dikasihi oleh Allah. Sayangilah orang dibumi maka nanti yang dilangit akan menyayangi kamu.”Akan turun rahmahnya dibumi ini.
Alangkah indahnya hidup ini bila yang  berkuasa menyayangi yang lemah lalu melindunginya,yang alim menyayangi yang jahil lalu mengajariny dan yang kaya meyayangi yang fakir lalu menyantuninya akan terciptya rahmah dalam kehidupan.namun bila terjadi sebaliknya,bila penuasa menindas yang lemah,yang alim meremehkan yang jahil dan yang kaya membiarkan fakir miskin maka akan terjadilah bala dan bencana dalam kehidupan.
Tapi orang miskin yang pemurah lebih dicintai oleh Allah,mengapa demikian?karena orang miskin tapi dia tetap mau menolong sesama maka itu luar biasa.karena untuk mencari sepeser uang,dia harus berkerja keras,harus memenuhi kebutuhan keluarga tapi dia masih mau bersodakoh masih mau menolong sesama sehingga Allahpun sangat mencintainya.

Hadirin yang dirahmati Allah
Golongan kedua yang
.وأحب الفقير المتواضع .. وحبي للغني المتواضع أشد

Aku cinta orang fakir yang rendah hati dan cintaku lebih besar pada orang kaya yang rendah hati.
Golongan yang kedua yang dicintai Allah adalah orang fakir yang rendah hati,orang fakir yang tidak sombong dengan kefakirannya.Maksudnya adalah orang fakir yang tetp mau berusaha mencari karunia Allah dibumi,dan tetap melaksanakan perintah Allah. Karena saat ini kita banyak melihat orang miskin yang sombong,orang miskin yang  sok kaya.orang miskin yang enggan berkerja. Apalagi bersodakoh.Tapi orang kaya yang yang rendah hati lebih dicintai Oleh Allah. Orang miskin rendah hati sudah lah suatu keharusan sesuai dengan kondisinya tapi orang kaya yang rendah hati dan tidak sombong itu sangat sulit dan jarang,sehingga Allah sangat dicintai Oleh Allah.
Hadirin sidang jum’at rohimakumullah
Dan golongan ketiga yaitu

وأحب الشيخ الطائع .. وحبي للشاب الطائع أشد.
“Aku cinta orang tua yang bertobat dan  cintaku lebih besar pada pemuda yang bertobat.”
.
Setiap manusia pasti pernah melakukan dosa.tapi sebaik-baik orang yang berbuat dosa adalah orang yang mau bertobat. Namun yang terjadi saat ini adalah,pemuda masa depan kita beranggapan bahwa masa muda adalah masa yang bebas,masa berapi-api sehingga dia melakukan apapun yang dia inginkan.dan bila dia diingatkan maka denga mudahnya menjawab saya kan masih muda,dan umur ku masih panjang”padahal kita tidak mengetahui kapan kita mati dan malaikat izrolpun tidak pilih2 dalam mencabut nyawa bila memang disaat itulah nyawa seseorang harus dicabut. Sehingga Allah mencintai Orang tua yang mau bertobat dan allah lebih cinta lagi pada pemuda yang mw bertobat.
Hal ini senada dengan firman Allah dalam surat Annisa ayat 17
إِنَّمَا التَّوْبَةُ عَلَى اللّهِ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ السُّوَءَ بِجَهَالَةٍ ثُمَّ يَتُوبُونَ مِن قَرِيبٍ فَأُوْلَـئِكَ يَتُوبُ اللّهُ عَلَيْهِمْ وَكَانَ اللّهُ عَلِيماً حَكِيماً 

“Sesungguhnya taubat di sisi Allah hanyalah taubat bagi orang-orang yang mengerjakan kejahatan lantaran kejahilan , yang kemudian mereka bertaubat dengan segera, maka mereka itulah yang diterima Allah taubatnya; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”.
          Demikian yang dapat saya sampaikan,mudah-mudahan kita ermasuk dalam golongan orang yang di cintai Allah. Amiin
بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ
وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ
وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ. فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ
Khutbah Kedua
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيْرًا كَمَا أَمَرَ فَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى عَنْهُ وَحَذَّرَ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ، اَلْوَاحِدُ الْقَهَّاُر، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، سَيِّدُ اْلأَبْرَارِ. فَصَلَوَاتُ اللهِ وَسَلاَمُهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَ هُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْبَعْثِ وَالنُّشُوْرِ. أَمَّا بَعْدُ؛
فَيَا عِبَادَ اللهِ، أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.
إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ. وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ. اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ مِنَ الْخَيْرِ كُلِّهِ مَا عَلِمْنَا مِنْهُ وَمَا لَمْ نَعْلَمْ. اَللَّهُمَ أَصْلِحْ أَحْوَالَ الْمُسْلِمِيْنَ وَأَرْخِصْ أَسْعَارَهُمْ وَآمِنْهُمْ فِيْ أَوْطَانِهِمْ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
عِبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُكُمْ بِالْعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيتَآئِ ذِي الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَآءِ وَالْمُنكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاسْأَلُوْهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَر

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites